Dengan ini kami sampaikan kisi-kisi UNAS Tahun Pelajaran 2011/2012. Kepada seluruh siswa khususnya siswa SD Unggulan AL-YA'LU yang akan mengkikuti UN dan pendidik kami ucapkan selamat menyongsong pelaksanaan UN TP 2011/2012 semoga dengan semangat belajar dan berlatih akan teraih cita-cita dengan hasil yang maksimal.
Info :BSE tingkat sekolah dasar bisa didownload di
Inilah blog resmi Al Ya’lu yang diterbitkan oleh Yayasan Manunggal Bangsa bersama Kepala Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar Unggulan Al Ya’lu berdasarkan dokumen resmi dari notaris pejabat negara yang syah dan memiliki ijin dari departemen hukum dan HAM. Setelah membaca blog ini para pembaca dipersilahkan untuk membandingkan dengan blog Al Ya’lu palsu yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggungjawab sehingga isi dan kualitas berita sangat rendah, akurasi sumber yang digunakan sangat jauh dari kenyataan. Setelah membandingkanya dengan hati yang jernih para pembaca dipersilakan untuk datang dan membuktikannya secara langsung di TK dan SD Unggulan Al Ya’lu agar semakin yakin dan meyakinkan.
Prestasi TK unggulan Al Ya’lu ditorehkan oleh Ibu Endang Supadminingsih, SP,MP. Yang meraih Juara 1 Kepala Taman Kanak Kanak Teladan Tingkat Nasional pada tahun 2007. Sedangkan prestasi SD unggulan Al Ya’lu ditunjukkan pada tahun 2009 ketika untuk pertama kalinya mengikuti Ujian Nasional dan meraih Juara 1 tingkat Kota Malang. Kondisi ini telah mendorong sekolah favorit di Malang untuk berkompetisi secara sehat dan fair dalam meraih prestasi sehingga pada tahun 2010 SD unggulan Al Ya’lu meraih Juara 2 Kota Malang. Pada tahun 2011 ini SD unggulan Al Ya’lu meraih Jauara 1 Kota Malangh, dan Juara 3 Jawa Timur. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. Kami mohon do’a restu dan dorongan dari semua pihak agar pada tahun 2012 SD unggulan Al Ya’lu insyaalloh dapat meraih Juara 1 Kota Malang, Jaura 1 Jawa Timur dan Juara 1 tingkat Nasional.
Untuk memperoleh informasi yang utuh tentang TK dan SD Unggulan Al Ya’lu berikut ini kami paparkan perjalan singkat dan lengkap sejak berdirinya hingga perkembangan saat ini.
Latar Belakang
Sejak masih kuliah di Fakultas Pendidikan Teknik Kejuruan di IKIP Yogyakarta kami mengelola pengajian anak anak di berbagai Masjid. Pada tahun 1985 berhasil membangun kerjasama dengan BKPRMI Yogyakarta membentuk Silaturrohmi Pengajian Anak (SPA) se Yogjakarta. Dalam wadah SPA maka pengajian anak dapat berbagi pengalaman dalam penyusunan kurikulum, penggaklian metode pembelajaran maupun membangun kerjasama dengan ta’mir masjid dan tokoh masyarakat saat itu. SPA telah menjadi ajang berlatih bagi para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk mengaplikasikan ilmu dan berkomunikasi dengan warga masyarakat.
Ketika mengawali bekerja di PPPGT /VEDC Malang pada tahun 1988 kamipun melanjutkan kegiatan kami membina pengajian anak anak di Malang dan Singosari. Seiring berkembangnya pengajian anak-anak menumbuhkan motivasi para orang tua untuk belajar dan menyegarkan kembali ketrampilannya dalam membaca Al Qur anul Karim. Kami mengembangkan metode Kilat Membaca Al Qur an sistim 16 jam, kami banyak membuka pengajian Baca Tulis Al Qur an bagi orang dewasa. Realitasnya dengan berkembanganya kota Malang, muncul berbagai perumahan yang warganya tertarik untuk membentuk kelompok pengajian Baca Tulis Al Qur an. Hal inilah yang mendorong para orang tua untuk memasukan anaknya pada pengajian yang diadakan di masjid dan musholla.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya pengembangan pendidikan Islam dalam membangun akhlaqul karimah dan menanamkan kecintaan pada Al Qur an, pada tahun 1995 kami mendirikan Taman Pendidikan Al Qur an (TPQ/TPA). Dengan pendekatan pembelajaran dan metode belajar yang berbasis pada kompetensi, kami mendirikan TPQ Plus Fikrun Nisaa. Ya, selain membaca dan menulis Al Qur an dan penanaman Akhlaqul karimah kami mengajarkan pula bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai modal dalam pengembangan ilmu dan agama para siswa/santri. Sebagaimana SPA di Yogyakarta, TPQ Plus Fikrun Nisaa terus berkembang menjadi tempat berlatih bagi para guru TPQ/TPA di Malang.
Membangun Yayasan
Berkembangnya kegiatan TPQ Plus memerlukan wadah yang lebih formal untuk menyediakan suasana tumbuh berkembang para santri dan bagi dan ustadzah dalam mengaktualisasi diri dan kemampuanya. Pada tanggal 13 Juli 1995 kami mendirikan Yayasan Fikrun Nisaa di hadapan notaris Faisal A Waber,SH. Susunan pengurus Yayasan ini adalah: Penasehat : Drs. Farid Abdullah; Ketua : Drs. Sukirman; Wakil Ketua: Ir. Agustina Lulus Setyaningati Nurul Aminin; Sekretaris I: Dra. Ida Gantini; Sekretaris II: Mohammad Fatchur Rachman; Bendahara I: Frilda Riesssoffiningtyas; Bendahara II: Dra. Maemunah. Bidang usaha dan program kerja Yayasan adalah mendirikan Lembaga Pendidikan Formal, Panti Asuhan dan lembaga Pendidikan Formal dari TK, SD sampai dengan Perguruan Tinggi. Program kerja selengkapnya dapat dilihat pada akte notaris. Sekretariat yayasan berada di Jl. Teluk Kendari no 7 Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing Kota Malang. Rumah ini berstatus kontrak atas nama Sukirman sebagai ketua Yayasan.
Sesuai dengan berkembangnya program dan kegiatan yayasan di Indonesia, peraturan tentang yayasan mengalami perubahan dan munculah lembaga baru yang disebut perkumpulan. Pemerintah memberikan kesempatan untuk merubah badan hukum yayasan menjadi Perkumpulan. Nah pada tanggal 22 Januari 2003 Yayasan Fikrun Nisaa berubah menjadi Perkumpulan Pengelola Pendidikan “Fikrun Nisaa” dengan akta notaris Handoko Wijaya, SH no 178 tahun 2003. Seiring dengan berkembangnya pemikiran merintis pendirian sekolah formal maka berdasarkan hasil rapat dewan pengurus sepakat untuk mengganti nama perkumpulan menjadi Manunggal Bangsa. Secara resmi penggantian nama menjadi Perkumpulan Pengelola Pendidikan “Manunggal Bangsa” disingkat MABA dengan akta notaris Handoko Wijaya no 23 tanggal 23 Maret 2003 . Untuk pertama kalinya pengurus perkumpulan dipegang oleh para pendiri seperti lampiran.
Pada tahun inilah Perkumpulan Pengelola Pendidikan Manunggal Bangsa merintis berdirinya Sekolah Dasar Unggulan Al Ya’lu dengan membangun ruang kelas baru, kantor dan dapur sekolah. Tentu saja perkumpulan memerlukan sejumlah dana dan lahan untuk membangun.
Pada bulan Juni tahun 2004 bapak Asbirin Maulana sebagai pemilik tanah seluas 1.270 m2 dengan nomor sertifikat 234567789/2004 dan sebidang tanah seluas 3.100 m2 sertifikat nomor 3245645677899/2004 mengikat perjanjian sewa menyewa tanah di hadapan notaris Rosyad,SH. Perjanjian dengan akte notaris no 10 tanggal 26 Agustus 2004 ini berlaku selama 20 tahun, sejak 26 Agustus 2004 sampai dengan 26 Agustus 2024. Persoalan lahan selesai dengan menyewa tanah, akan tetapi untuk membangun diperlukan dana besar, sehingga sepakat dibiayai dengan mengambil kredit dari bank Panin. Untuk keperluan inilah pihak perkumpulan meminta bapak Asbirin Maulana bersedia menjadi ketua perkumpulan. Walaupun sangat berat karena memang bukan dunianya, akan tetapi untuk kepentingan yang lebih besar dalam memanjukan pendidikan anak Indonesia khususnya di Malang, beliau bersedia menjadi ketua perkumpulan. Dalam rapat awal bapak Asbirin Maulana sudah menyatakan tidak dapat aktif mengelola perkumpulan karena sibuk mengurus bisnis di luar kota dan tidak menguasai dunia pendidikan. Pihak bank Panin tidak bersedia memberikan kredit jika Pak Maulana sebagai pemilik tanah tidak menjadi ketua. Oleh karena itu secara FORMALITAS jadi ketua seperti tertuang pada akte notaris Ita Kristina, H,M.Hum nomor 7 tanggal 7 Juli 2006 susunan pengurus Perkumpulan Pengelola Pendidikan Manunggal Bangsa selengkapnya ada di lampiran. Dengan tidak aktifnya bapak Asbirin Maulana karena sibuk berbisnis dan Ibu Isnada Waris Tasrim, Spd.,M.Pd. menjadi Kepala SD Unggulan Al Ya’lu, maka secara realitas Drs. Bambang Triono,MM sebagai Wakil Ketua II mengambil peran paling penting dalam memajukan dan mengendalikan perkumpulan Manunggal Bangsa. Demikianlah perjalanan dari yayasan Fikrun Nisaa hingga menjadi Perkumpulan Pengelola Pendidikan "Manunggal Bangsa". Secara yuridis formal yayasan Al Ya’lu tidak pernah ada, apalagi yang disebut yayasan sesat pasti tidak akan pernah ada.
Dengan kedudukan yang strategis di VEDC Malang dan pengalamanya dalam kunjungan ke negara negara maju di Eropa Drs. Bambang Triono,MM bersama segenap pengurus telah mengukir sejarah luar biasa dalam memajukan TK dan SD Unggulan Al Ya’lu. Ya sekali lagi mulai periode inilah terwujudya kemajuan Al Ya’lu yang sangat pesat sampai sekarang ini. Pada bagian lain akan dijelaskan faktor-faktor apa saja yang menjadikan TK dan SD Unggulan Al Ya’lu meraih berbagai prestasi gemilang hingga ke tingkat nasional. bahkan para pejabat tinggi Departemen/Kementerian Pendidikan Nasional banyak berkuinjung ke TK dan SD unggulan Al-Ya'lu. Sekali lagi semua keberhasilan tersebut merupakan karya besar Dr. Bambang Triono,MM
Pengunjung blog Alyalu yang terhormat, proses penetapan peserta sertifikasi guru melibatkan tiga pihak yang semuanya itu memiliki tugas/kegiatan sesuai ketentuan yang berlaku. Tiga pihak tersebut adalah guru calon peserta sergu, Dinas Pendidikan Kab/Kota, dan LPMP.
Berikut uraian tugas/kegiatan ketiga pihak tersebut:
1. Guru
Cek dalam daftar calon peserta menggunakan tombol pencarian dengan memasukkan NUPTK
Jika nama Anda termasuk dalam daftar calon peserta segera hubungi dinas pendidikan setempat untuk mendapatkan Format A0
Mengoreksi dan memperbaiki data pada Format A0 (data ini tidak boleh salah karena kemudian akan digunakan sebagai acuan untuk sertifikat pendidik)Data yang dikoreksi adalah nama lengkap harus sesuai dengan dokumen lainnya (ijasah atau SK PNS); golongan (bagi PNS); tempat dan tanggal lahir; ijasah, tahun lulus, dan nama perguruan tinggi; nama sekolah tempat mengajar. Dokumen yang dijadikan acuan verifikasi nama dan tempat tanggal lahir peserta bagi guru PNS adalah SK PNS, sedangkan bagi guru bukan PNS adalah ijasah terakhir dari perguruan tinggi.
Mengisi pola sertifikasi yang dipilih.
Pola portofolio bagi guru yang memiliki dan memenuhi skor minimal portofolio (kuota maksimal 1%).
Pola PLPG bagi guru yang tidak memenuhi skor minimal portofolio.
Pola pemberian sertifikat secara langsung (PSPL) bagi guru yang telah memenuhi syarat PSPL.
Menetapkan bidang studi yang akan disertifikasiBidang studi tersebut harus ditetapkan sendiri oleh guru yang bersangkutan sesuai dengan kompetensi yang dikuasainya. Harus disadari oleh guru bahwa bidang studi ini akan terus melekat dalam tugas mengajar yang akan dilaksanakan oleh guru selama guru tersebut mengajar. Dengan kata lain, guru harus konsisten dengan pilihannya secara profesional karena guru harus mengajarkan bidang studi atau mata pelajaran tersebut selama bertugas sebagai guru. Penetapan bidang studi sertifikasi mengikuti ketentuan sebagai berikut:
sesuai dengan program studi S-1 (linier),
apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1, dapat menggunakan program studi D-III,
apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1 dan program studi D-III, guru dapat menetapkan bidang studi yang serumpun dengan program studi S-1 dan D-III,
apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1 dan program studi D-III, guru dapat menetapkan bidang studi sertifikasi sesuai dengan mata pelajaran, rumpun mata pelajaran, atau satuan pendidikan yang diampunya, dan harus memiliki masa kerja minimal sudah 5 tahun berturut-turut mengajar mata pelajaran tersebut.
Mengumpulkan berkas/dokumen/portofolio ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
Pengunjung blog AL-YA'LU yang terhormat, berikut daftar calon peserta sertifikasi 2012 guru Kemenag yang ditetapkan berdasarkan surat Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag Nomor DT.l.l/PP.Oo/ 15.A/2012 tentang Daftar Urut Prioritas (Long list) Sementara Calon Peserta Sertifikasi Guru tanggal 5 Januari 2012.
Daftar Urut Prioritas (DUP) ini bersifat sementara dan hanya meliputi kelompok:
1) Guru Kelas RA,
2) Guru Kelas Ml,
3) Guru Alqur’an Hadis,
4) Guru Akidah Akhlak,
5) Guru Fikih,
6) Guru SKl, dan
7) Guru Bahasa Arab.
Dikatakan bersifat sementara karena DUP ini hanya mencakup sisa peserta sertifikasi tahun 2011 dan belum memasukkan calon peserta hasil pendataan tahun 2012. Data ini masih bisa berubah setelah digabung dengan hasil pendataan tahun 2012.
Melaui surat Direktur Pendidikan Madrasah tersebut, untuk validasi daftar peserta sertifikasi guru Kemenag 2012, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota u.p. Kasi Mapenda/Kependais diminta untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:
Mengidentifikasi guru yang sudah lulus sertifikasi, tetapi namanya masih tercantum dalam DUP. Hasil identifikasi dilaporkan oleh Kasi Mapenda/Kependais Kabupaten/Kota secara kolektif kepada Direktur Pendidikan Madrasah dikoordinasi oleh Kabid Mapenda/Kependais Provinsi;
Mendaftar ulang guru yang memenuhi syarat untuk ikut sertifikasi guru dalam jabatan dan namanya belum tertera pada DUP. Mekanisme dan waktu pendaftaran dilakukan sesuai dengan surat pemberitahuan terdahulu;
Seluruh guru mata pelajaran umum (yang sertifikasinya di LPTK PTU) yang memenuhi syarat agar didaftar ulang.
Selengkapnya silakan mengunduh daftar calon peserta sertifikasi 2012 guru Kemenag di sini
Pengunjung blog Alyaklu yang terhormat, ketentuan nilai minimal lulus UN 2011/2012 telah diatur berdasarkan Prosedur Operasi Standar Unjian Nasional dalam peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).
Syarat Kelulusan SD/MI/SDLB
Kriteria dan mekanisme kelulusan SD/MI/SDLB tahun 2011/2012 diatur berdasarkan Peraturan BNSP Nomor: 0012/P/BSNP/XII/2011 tentang POS SD/MI/SDLB 2011/2012.
Kelulusan dari Satuan Pendidikan (Bab VI)
Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan melalui rapat dewan
guru setelah:
a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata
pelajaran:
1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
2) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
3) kelompok mata pelajaran estetika, dan
4) kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
c. lulus US/M untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d. lulus UN.
Kelulusan Ujian Nasional (Bab VII)
Peserta didik dinyatakan lulus US/M pada SD, MI, dan SDLB apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M.
Nilai S/M diperoleh dari rata-rata gabungan nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 7, 8, 9, 10, dan 11 dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.
NA sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperoleh dari nilai rata-rata gabungan nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan nilai UN dengan formula 60% nilai UN dan 40% nilai S/M.
Kriteria kelulusan UN ditetapkan melalui rapat dewan guru berdasarkan:
nilai minimal setiap mata pelajaran yang diujinasionalkan;
nilai rata-rata ketiga mata pelajaran yang diujinasionalkan.
Syarat Kelulusan SMP/MTs/SMPLB/SMA/MA/SMALB/SMK
Kriteria dan mekanisme kelulusan SMP/MTs/SMPLB/SMA/MA/SMALB/SMK tahun 2011/2012 diatur berdasarkan Peraturan BNSP Nomor: 0011/P/BSNP/XII/2011 tentang POS UN SMP/MTs/SMPLB/SMA/MA/SMALB/SMK 2011/2012
Kelulusan dari Satuan Pendidikan (Bab VI)
Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
lulus Ujian Nasional
Kelulusan Ujian Nasional (bab VII)
Peserta didik dinyatakan lulus US/M SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M.
Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari:
a. gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk SMP/MTs dan SMPLB dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
b. gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 untuk SMA/MA, dan SMALB dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
c. gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1 sampai 5 untuk SMK dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.
Nilai Kompetensi Keahlian Kejuruan adalah:
a. gabungan antara nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan nilai Ujian Teori Kejuruan dengan pembobotan 70% untuk nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan 30% untuk nilai Ujian Teori Keahlian Kejuruan;
b. kriteria Kelulusan Kompetensi Keahlian Kejuruan adalah minimum 6,0 ;
NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 3 diperoleh dari gabungan Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dengan Nilai UN, dengan pembobotan 40% untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai UN.
Pembulatan nilai gabungan nilai S/M dan nilai rapor dinyatakan dalam bentuk dua desimal, apabila desimal ketiga ≥ 5 maka dibulatkan ke atas.
Pembulatan nilai akhir dinyatakan dalam bentuk satu desimal, apabila desimal kedua ≥ 5 maka dibulatkan ke atas.
Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 5 mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).
Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan sebagaimana dimaksud pada VI.
Pengunjung blog AL-YA'LU yang terhormat, seperti yang kita ketahui bahwa media visual merupakan sarana yang efektif untuk menyampaikan pesan pendidikan. Video-video berikut ini bertujuan untuk mengingatkan pelajar atau siapapun saja dan membangun karakter bangsa melalui penanaman nilai luhur budaya lokal yang mulai luntur. Dewasa ini makin marak terjadi tindakan negatif seperti tawuran, tindakan kriminal, fitnah dan lain sebagainya yang terjadi di kalangan pelajar.
Pada dasarnya, penanaman nilai-nilai luhur budaya lokal bertujuan untuk memperkokoh identitas kebangsaan untuk merevitalisasi “budaya lokal” sebagai basis semangat kebangsaan dihadapkan pada ketatnya kontestasi dan rivalitas global.
Jika kita berkaca dari negara lain seperti kemampuan bangsa Jepang dalam berakselerasi dengan dinamika global tidak pernah lepas dari semangat Meiji. Malaysia hingga hari ini tetap kokoh dalam percaturan global karena kebanggaan sebagai bangsa Melayu.
Jika karakter bangsa dan nilai luhur budaya lokal sudah terbentuk maka hal-hal negatif tersebut tidak akan terjadi. Amiin ya robbal ‘alamiin. selamat menikmati...
Pengunjung blog Alyalu yang terhormat, sesuai dengan publikasi pada http://www.sergur.pusbangprodik.org, data Bakal Calon (Balon) Peserta Sertifikasi Guru (Sergu) 2012 untuk kabupaten dan kota di Jawa Timur, sebanyak 42.969 guru Kemendiknas akan mengikuti sergu 2012. Kuota 42.969 ini meliputi guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, serta para Pengawas.
Penghapusan Bakal Calon
Bila dicermati, daftar balon tersebut, ternyata masih memuat para pendidik/tenaga kependidikan yang sudah lulus sertifikasi. Oleh karena itu, PSG (Panitia Sertifikasi Guru) di Dinas Kabupaten/Kota berhak mengeluarkan atau menghapus dari daftar bakal calon peserta di kabupaten/kota masing-masing jika pada kenyataannya peserta:
Telah meninggal dunia,
sakit permanen,
melakukan pelanggaran disiplin,
mutasi ke jabatan selain guru,
mutasi ke kabupaten/kota lain,
mengajar sebagai guru tetap di Kementerian lain,
pensiun,
mengundurkan diri dari calon peserta,
sudah memiliki sertifikasi pendidik (guru atau dosen) baik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun di Kementerian lain.
Dari 38 kab/kota di Jatim, kuota terbanyak adalah kota Surabaya yakni 3.182 dan paling sedikit adalah Kota Blitar yaitu 252 guru.
Berikut data balon sergu 2012 kab/kota di Jatim hasil akses pada 29 Desember 2011.
Ujian Nasional (UN) diselenggarakan dengan tujuan antara lain untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan peserta didik secara nasional, sebagai hasil dari proses pembelajaran dan sekaligus untuk memetakan tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada tingkat sekolah dan daerah.
Rapat Panitia Kerja UN DPR dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menyepakati dan memutuskan bahwa UN 2012 akan dilaksanakan dengan menggunakan formula gabungan antara nilai sekolah/madrasah dan nilai UN, sebagaimana sudah diterapkan pada tahun 2011. Ini adalah suatu keputusan politik yang telah ditetapkan. Artinya, secara politis persoalan ada-tidaknya UN pada 2012 sudah terjawab.
Buku Tanya Jawab ini disusun untuk memberikan gambaran secara lebih gamblang dan utuh kepada masyarakat luas, terutama semua pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan tentang maksud, tujuan, dan penyenggaraan UN. Melalui buku ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh pemahaman secara lebih merata tentang pelaksanaan UN tahun 2012.
Buku ini disusun atas kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku penyelenggara UN.
Ada dua materi pokok yang diterbitkan berkaitan dengan penyelenggaran UN 2012:
Presentasi Sosialisasi UN 2012
Buku Tanya Jawab UN 2012
Buku Tanya Jawab UN 2012 yang diterbitkan BNSP ini memuat 29 permasalahan berkaitan dengan penyelenggaran UN 2012:
Apa dasar hukum pelaksanaan UN?
Apa tujuan penyelenggaraan UN?
Benarkah hasil UN dijadikan satu-satunya faktor penentu kelulusan?
Mengapa ditetapkan formula baru dalam penentuan kelulusan UN?
Bagaimana bentuk formula UN 2012?
Bagaimana dengan kelulusan peserta didik dalam UN?
Apa kegunaan hasil UN?
Siapa yang berhak mengikuti US/M dan UN?
Apa persyaratan untuk mengikuti UN?
Apa kewajiban peserta didik dalam US/M dan UN?
Siapa yang terlibat dalam penyelenggaraan UN?
Apakah ada Ujian Ulangan?
Kapan jadwal pelaksanaan UN tahun 2012?
Kapan pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan?
Apa perbedaan signifikan antara UN tahun 2011 dan UN tahun 2012?
Sebagai bagian dari evaltasi pembelajaran, bagaimanakah bentukbentukpenilaian hasil belajar yang ada di sekolah/madrasah?
Apakah peran sekolah/madrasah dalam penentuan kelulusan siswadalam UN?
Dalam penyelenggaraan UN dengan instansi mana BSNP bekerjasama?
Bagaimana penyelenggaraan Ujian Sekolah?
Apa peran dan fungsi perguruan tinggi dalam penyelenggaraan UN2012?
Apa tanggungjawab PTN?
Siapa yang melakukan pengawasan di ruang ujian?
Apa sanksi bagi peserta UN yang melakukan kecurangan?
Siapa yang menanggung biaya pelaksanaan UN?
Apakah nilai UN di tingkat SMA/MA/SMK dapat dijadikan sebagai salahsatu pertimbangan dalam seleksi masuk perguruan tinggi?
Bagaimanakahproses penyusunan soal UN?
Apakah setiap peserta ujian dalam satu ruang mendapatkan paket soalyang sama?
Mengapa diperlukan hasil UN yang jujur?
Kenapa UN tidak dilaksanakan hanya pada satuan pendidikan yangtelah memenuhi standar nasiona?
Pengunjung blog Alyalu yang terhormat, berikut dokumen peraturan tentang UN 2011/2012, baik Kisi-kisi, POS, materi sosialisasi UN, dan informasi tanya jawab tentang ketentuan baru penyelenggaran UN 2012.
Permendiknas-No-59-tahun-2011-ttg-UN 2012.pdf
SK-BSNP-tentang-Kisi-kisi_UN 2012.pdf
Tanya-jawab-UN-2012.pdf
Presentasi-SosialiasiUN-2012 semua Jenjang.pdf
POS-UN-SD_MI-2011-2012.pdf
POS UN SMP, SMA, SMK UN 2012
Untuk mengunduh dokumen-dokumen di atas silakan klik di sini
Southeast Asian Games (lebih dikenal dengan SEA Games) merupakan ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan sebelas negara di Asia Tenggara sebagai peserta. Ajang olahraga ini dibawah regulasi Federasi Southeast Asian Games yang juga diawasi oleh International Olympic Committee (IOC) dan Olympic Council of Asia (OCA).
Indonesia sudah tiga kali tercatat sebagai tuan rumah untuk ajang olahraga seAsia Tenggara ini, yaitu SEA Games ke-10 1979, ke-14 1987 dan ke-19 1997. Selama tiga kali penyelenggaraan, Indonesia selalu menjadi juara umum.
Indonesia sekarang memimpin perolehan medali sementara dengan beda yang sangat signifikan.
Mari kita dukung Tim Merah Putih supaya menjadi Juara Umum di SEA GAMES 26 di Palembang dan Jakarta.
Performance tim merah putih pada berbagai even olah raga tingkat regional dan internasional saat ini mulai menonjol. Sepak bola, lari dan bulutangkis telah menorehkan prestasi awal yang menggembirakan sekaligus memberiklan semangat bagi tim lain yang akan berlaga. Mari kita bersama-sama mendorong dan berdo'a untuk kesuksesan tim merah putih.
Mari kita bersatu padu membela kejayaan negara, hilangkan rasa iri, dengki dan suka menfitnah agar tidak menghambat pencapaian prestasi terbaik. Tumbuhkan kebanggaan terhadap perolehan prestasi tim Indonesia walaupun atletnya berasal dari propinsi lain atau dari klub lain, karena kebanggan dan do'a kita inilah yang akan memotivasi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.
Selamat bertanding, selamat berjuang tim merah putihku, kami senantiasa bersamamu dalam setiap laga.
“Hebaat, sukses dan luaarrr biasa, maju teruss”. Itulah pujian yang selalu dilontarkan oleh dewan juri Tabligh Dai Muda yang terdiri dari Bunda Chofifah, Kang Dicky Chandra dan Ustadz Yusuf Mansyur. Pada episode Minggu ke 3 bulan Nopember ini banjir pujian tetap mengalir dari Kang Dicki Chandra dan anggota dewan juri baru yaitu Ustadz Al Habsi dan Syafi’i Antonio. Inilah gambaran suasana program Dai Cilik 201 di stasiun televisi swasta nasional ANTV yang saat menggelar acara pencarian bakat serupa, dengan peserta kaum muda usia 17-25 tahun.
Dalam rangka meningkatkan pendidikan agama di kalangan muda dan untuk meningkatkan kualitas pendakwah muda bagi masyarakat, maka kami mengadakan program Dai Muda Pilihan Bersama Mie Sedap ini, kata Presiden Direktur ANTV, Dudi Hendrakusuma, dalam siaran persnya, Sabtu (05/11/2011).
Program talent search reality show itu bertujuan mencari Dai laki-laki dan perempuan berbakat untuk dibimbing agar dapat menjadi juru dakwah yang berkualitas dan dapat diandalkan.
Saat ini sudah ada 12 calon dai dan delapan calon daiyah yang diperoleh dari audisi yang digelar di delapan kota besar, Medan, Yogyakarta, banjarmasin, Makasar, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Jakarta, dengan total peserta 2.500 orang.
Kriteria yang dicari dalam audisi Dai Muda Pilihan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan luas di bidang agama dan umum, serta berpenampilan menarik. Namun demikian, calon dengan keterbatasan fisik tetapi mampu melakukan tausyiah dengan baik juga merupakan pilihan yang dicari.
20 calon Dai dan Daiyah terpilih itu akan dilatih di rumah Majelis Ilmu untuk mendapatkan pendalaman teori dan praktek tentang keagamaan. Pemenang Dai Muda Pilihan akan mendapatkan hadiah berupa paket haji, Umroh, beasiswa S1/S2 serta uang puluhan juta rupiah.
"Kami berharap calon Dai dan Daiyah di program Dai Muda Pilihan ANTV ini dapat memberitakan tausiyah yang bermanfaat dan positif. Sehingga mereka dapat dijadikan contoh, khususnya untuk generasi muda Indonesia," jelas Dudi Hendrakusuma.
Kami sangat bangga dengan kepedulian media elektronik seperti Televisi yang secara kreatif membangun sinergi dengan sponsor untuk melahirkan dai muda berbakat dan berkualitas. Penampilan 20 orang dai muda tersebut sungguh mempesona hadirin dan pemirsa televisI. Bahkan sering terjadi dewan juri yang semestinya mencermati isi taushiyah dan menilai keseluruhan penampilan, ikut terbawa arus perintah sang Dai dalam penyampaian risalahnya.
Ide kreatif ini merupakan amal sholeh yang sangat tinggi nilainya dalam melahirkan generasi bangsa yang unggul dimasa mendatang. Kalau sejak kecil dan meningkat pemuda sudah dapat memberikan taushiyah secara benar dan menarik maka diri mereka akan selamat dari bergai tantangan kehidupan pemuda dan sejkaligus menjadi teladan bagi pemuda lainya.
Stasiun televisi lainya pun berlomba menampilkan program dan acara terbaik untuk meningktakan peran generasi muda dalam permbangunan bangsa termasuk menjembatani perbedaan antara beberapa pihak yang bertujuan sama dalam membangun bangsa ini,
Inilah salah satu karakter bangsa Indonesia yaitu ‘gotong royong” dalam menumbuhkan kebaikan di masyarakat. Alloh SWT pun memerintahklan kepada kita semua, agar melaksanakan tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan bukan dalam dosa dan keburukan.
Terasa aneh memang, kalau karakter suka menolong dalam berbuat baik ini dapat ditanamkan kepada seluruh warnga Negara termasuk para pemuda dan siswa di sekolah, sementara ada pihak lain yang justru iri, curiga dan memfitnah. Hal inil;ah yang dapat menghambat prestasi siswa dan pemuda pada umumnya untuk berpestasi lebih baik dimasa mendatang. Melalui forum ini kami menghimbau kepada teman teman saya yang masih memelihara sifat iri, rasa curiga dan suka memfitnah mohon untuk meninggalkannya jauh jauh. Mari kita bangun ukhuwah untuk memberikan lingkungan yang kondusif bagi kemajuan para generasi muda.
Kami berdo’a agar terhindar dari sifat, rasa dan perilaku yang demikin, semoga Alloh SWT senantiasa membimbing kita dalam kasih sayangNya sehingga kita dapat segera wujudklan lingkungan kondusif bagi berkembangnya generasi muda. Amiin
Semangat membangun negeri ini dalam berbagai bidang kehidupan terus menggema. Sector property misalnya tidak pernah kehabisan kreativitas dan keberanian dalam menawarkan hunian baru dengan sentuhan budaya, lingkungan, kelngkapan fasilitas dan kemudahan akses. Blok bisnis, meeting point dan perkantoran mewah dan elitpun semakin banyak ditawarkan. Contoh nyata adalah persembahan Agung Podomoro Group yang saat ini berhasil menjadikan wilayah Jakarta Barat mirip dengan Hongkong. Agung Podomoro City, Green Permata Residence dan Agung Podomoro Land Tower adalah salah satu wujud semangat berinvestasi bangsa Indonesia dari etnis Tionghoa dalam membangun negeri ini. Dalam sektor bisnis dan property sering kita saksikan bahwa kepedulian dan semangat mereka jauh melebihi etnis lain.
Kami bangga dengan peran mereka yang begitu besar dalam menjadikan wilayah Indonesia semakin indah, semakin nyaman dan semakin tinggi nilai bisnisnya. Banyak wilayah gersang dan rawan disulap menjadi kawasan yang hijau, aman dan bernilai bisnis. Semoga kita semua terdorong untuk terus membangun negeri Indonesia tercinta ini menuju negara yang makmur, adil dan merata.
Gambaran negara yang memenuhi kriteria “baldatun thoyyibatun warobbun ghofur” akan semakin cepat terwujud apabila semangat berinvestasi dalam membangun negeri ini dengan hati dalam kebersamaan dan harmoni. Mari kita jauhkan dari sifat iri, rasa curiga dan suka memfitnah di kalangan kita. Mari kita berlomba menjadi yang terbaik untuk membangun negeri dalam sektor lain seperti pendidikan dan pengajaran agar keluarga tumbuh kokoh abadi sehingga negeri ini mampu menyiapkan generasi yang lebih unggul di masa mendatang.
Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi kepada panitia pelaksana kurban Masjid Istiqlal, Jakarta, sesaat setelah menunaikan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal pada Ahad (6/11). Hewan kurban pemberian SBY yang diberi nama Rambo II seberat 1.2 ton itu dipotong pada hari Senin lalu seusai shalat Maghrib.
"Saya menyerahkan satu ekor sapi sebagai ibadah kurban saya dan keluarga untuk saatnya nanti diserahkan pada jamaah Masjid Istiqlal yang berhak," kata Presiden Yudhoyono saat menyerahkan hewan kurban.
Presiden yang didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono menyerahkan hewan kurban kepada perwakilan dari Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, H. Mubarok. Setelah Presiden, kemudian Wakil Presiden Boediono dengan didampingi oleh Ibu Herawati Boediono juga menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi.
Inilah sekelumit gambaran keramahan sosial bangsa Indonesia yang ditununjukkan oleh Bapak Presiden dan Bapak wakil Presiden. Ditengah kesibukanya mengurus Negara yang besar dan kompleks permasalahan beliau tetap memberikan perhatian kepada ibadah dan dan menolong masyarakat yang sangat membutuhkan. Dua hari lalu kita mengikuti pidato bapak presidet dalam rangka G 20 summit di Cennas Perancis. Kami sangat bangga memiliki presiden sekaliber bapak SBY yang bangga dengan kemajuan yang telah dicapai dan bangga pula mempromosikan keunggulan dan kemajuan bangsa Indonesia di forum internasional. Setelah penyerahan hewan kurban, semua yang hadir di tempat itu membacakan doa untuk keselamatan dan kesehatan Bapak Presiden Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono dan seluruh anggota keluarga besarnya. Dalam hati saya yang ikut berdo’a saat itu termasuk para pemirsa televise di seluruh penjuru tanah air.
Banyak pihak kurang dapat menangkap kebesaran jiwa bapak Presiden sebagai teladan bangsa Indonesia saat ini dalam membuktikan karakter dasar bangsa kita yaitu ramah dan menghargai orang lain. Bangga dengan prestasi bangsa sendiri dan menyuarakan prestasinya pada forum yang lebih luas dan lebih terhormat. Dengan demikian akan dapat mendorong diri kita untuk berprestasi lebih baik dimasa mendatang sekaligus menumbuhkan semanghat memberikan yang terbaik “fastabiqul khoirot” sesuai dengan tugas masing masing.
Di sisi lain masih ada bebrapa kelompok masyarakat yang belum dapat mengikuti teladan mulia yang dicontohkan oleh Bapak Presiden. Bahkan cenderung meragukan prestasi terbaik orang lain yang sudah diperjuangkan dengan penuh kesungguhan dan fair. Sebagian lebih cenderung memunculkan rasa curiga dan melemahkan semangat untuk berprestasi. Hal ini dalam banyak hal disebabkan adanya rasa iri terhadap prestasi yang diraih oleh orang lain. Kalo kita meneladani peristiwa hari ini, dan penyerahan hewan Qurban seberat 1,2 ton sebagai prestasi terbaik semestinya bagi yang belum dapat meraih prestasi terbaik dapat melakukan interospeksi. Bahkan dalam acara penyerahan hewan Qurban dimasjid Istiqlal Jakarta, semua hadirin berdo’a untuk keselamatan beliau. Sungguh aneh kalo ada sebagian warga Negara Indonesia yang iri dan terus menerus menfitnah terhadap orang lain atau lembaga lain yang berpresatasi lebih baik.
Salah satu raihan presatasi terbaik dibuktikan oleh TK dan SD unggulan Al Ya’lu berikut ini. Prestasi TK unggulan Al Ya’lu ditorehkan oleh Ibu Endang Supadminingsih, SP,MP. Yang meraih Juara 1 Kepala Taman Kanak-Kanak Teladan Tingkat Nasional pada tahun 2007. Sedangkan prestasi SD unggulan Al Ya’lu ditunjukkan pada tahun 2009 ketika untuk pertama kalinya mengikuti Ujian Nasional dan meraih Juara 1 tingkat Kota Malang. Kondisi ini telah mendorong sekolah favorit di Malang untuk berkompetisi secara sehat dan fair dalam meraih prestasi sehingga pada tahun 2010 SD unggulan Al Ya’lu meraih Juara 2 Kota Malang.
Pada tahun 2011 ini SD unggulan Al Ya’lu meraih Jauara 1 Kota Malang dan Juara 3 Jawa Timur. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. Kami mohon do’a restu dan dorongan dari semua pihak agar pada tahun 2012 SD unggulan Al Ya’lu insya-Alloh dapat meraih Juara 1 Kota Malang, Juara 1 Jawa Timur dan Juara 1 tingkat Nasional.
Kalo semakin banyak Sekolah di Malang yang berpresasi seperti Al Ya’lu secara otomatis prestasi pendidikan di kota Malang dan Jawa Timur akan meningkat terus. Secara keseluruhan akan menaikkan prestasi sekolah secara nasional. Nah bagi sekolah yang belum berhasil meraih prestasi terbaik, mari kita berlomba terus secara fair dan terbuka. Bagi sekolah dan pihak lain yang ingin meraih prestasi terbaik mari kita jauhkan dari sifat iri, jauhkan dari rasa curiga dan jauhkan dari perilaku memfitnah.
Semoga dengan mengedepankan karakter keramahan dan menjauhkan rasa curiga, sifat iri dan perilaku memfitnah prerstasi pendidikan kita dapat meningkatkan etika dan moral bangsa Indonesia dan prestasi pendidikan lebih baik di masa mendatang. Amiin ya robbal ‘alamiin.